Jumat, 07 April 2023

Published April 07, 2023 by with 14 comments

MUDIK! Tradisi lama Menjelang Hari Raya Idul Fitri

Kondisi Ruas Jalan Tol Saat Arus Mudik
Jakarta, 6 April 2023 - Siapa sih yang tidak tau tentang tradisi mudik? Mudik merupakan tradisi turun temurun yang telah dilakukan oleh banyak masyarakat di Indonesia. Mudik berarti melakukan perjalanan pulang ke kampung halaman yaitu tempat tinggal asal dari sebuah keluarga. Masyarakat Indonesia menjadikan mudik sebagai sarana untuk bertemu keluarga besar dan teman masa kecil ataupun teman lama.

Biasanya mudik dilakukan setahun sekali, yaitu menjelang hari raya Idul Fitri dan cuti bersama. Saat kondisi Covid-19 yaitu pada tahun 2020 dan 2021, tradisi mudik sempat dilarang oleh pemerintah demi mengurangi penularan virus corona. Namun saat ini masyarakat sudah bisa melakukan tradisi mudik kembali dikarenakan sudah berkuranganya kasus corona dan telat dicabut peraturan PPKM.

Sebagian besar masyarakat Indonesia, melakukan mudik saat diberlakukannya cuti bersama. Pada saat arus mudik berjalan, kondisi ruas jalan tol dipadati oleh kendaraan yang sedang menuju ke kampung halaman mereka. Tidak hanya jalan tol, bandara dan pelabuhan juga mengalami kepadatan oleh masyarakat yang melakukan mudik. Setiap tahun, biasanya ada saja hal-hal yang unik sepanjang perjalanan, seperti macet hingga berjam-jam, kehabisan bensin, kekurangan e-toll dan sebagainya.

Destinasi masyarakat untuk mudik pun beragam, mulai dari daerah di Pulau Jawa hingga di luar Jawa. Selain itu, transportasi yang dipakai saat para pemudik tidak hanya transportasi pribadi melainkan transportasi umum seperti kereta, pesawat, kapal laut, dan transportasi umum lainnya yang disediakan oleh pemerintah untuk menunjang kegiatan tradisi mudik tahunan yang terjadi di masyarakat Indonesia. Mudik ternyata juga memberikan dampak positif kepada para pelaku UMKM yang berada di daerah. Hal ini disebabkan oleh banyaknya jumlah pemudik yang ada di Indonesia yang sedang menuju kampung halaman mereka, membuat para pelaku UMKM di sekitar daerah jalur arus mudik mengalami peningkatan pendapatan.

Tentunya para pemudik ingin membawa buah tangan untuk diberikan kepada keluarga di kampung halaman. Selain itu, tidak hanya berdampak kepada pelaku UMKM, ternyata mudik juga memberikan kesan tersendiri kepada para pemudik untuk merasakan sensasi agar lebih sabar dan bersosialisasi kepada para pemudik lainnya disaat sedang menunggu kemacetan lalu lintas.

Selama mudik, keluarga akan saling bertemu dan bertukar cerita tentang kehidupan masing-masing, seperti cerita selama perjalanan menuju kampung halaman dan lain-lain. Tidak hanya itu, mudik juga merupakan sebuah momen untuk menyegarkan pikiran dan menghabiskan waktu bersama keluarga besar yang dijumpai hanya beberapa waktu saja. Momen yang paling dinantikan saat mudik yaitu ketika memasuki hari raya Idul Fitri. Masyarakat di Indonesia menjalankan salat sunnah ied bersama kerabat di kampung halaman dan melakukan tradisi halal bi halal atau melakukan tradisi berkeliling rumah untuk melakukan salam-salaman sekaligus menyapa para tetangga.


Berdasarkan informasi yang beredar, pemerintah tahun ini akan memajukan tanggal pembayaran tunjangan hari raya (THR), memindahkan jadwal cuti bersama, dan memberikan promo saat pra-mudik kepada masyarakat untuk mendukung berjalannya proses mudik. Dengan demikian, tradisi mudik tidak hanya dinikmati oleh para pemudik aja akan tetapi pemerintah turut serta mendukung menyukseskan tradisi mudik ini agar berjalan dengan lancar. Sehingga dengan kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah, maka masyarakat bisa memanfaatkan waktu mudik yang lebih lama.

Apakah kalian setiap tahunnya melakukan mudik ke kampung halaman? Sebelum kalian melaksanakan tradisi mudik ada hal yang perlu diperhatikan selama mudik loh! Kalian bisa baca tips penting yang harus disiapkan sebelum melakukan mudik ke kampung halaman.

BACA JUGA: 5 Tips Menjalani Mudik agar Selamat Sampai Tujuan

      edit

14 komentar:

  1. seruu banget mudik, ga punya kampung :(

    BalasHapus
  2. pengen ngerasain mudik seru bangettt pasti tapi gapunya kampung halaman huhuhu sedihh

    BalasHapus
  3. sayang nya kalo telat mesen tiket, jadi melunjak harga nya 😖

    BalasHapus
  4. duhh makin ga sabar mudik tahun ini

    BalasHapus
  5. ga sabar mudik walaupun mudiknya dekett:(

    BalasHapus
  6. waah ternyata rada ribet jg yaa

    BalasHapus
  7. Mudik, ya? Tradisi ini sangat kental di Indonesia. Selain bisa bertemu keluarga dan teman-teman di kampung halaman, juga bisa bantu meningkatkan pendapatan UMKM di sepanjang jalur mudik. Semoga aja sekarang, meski setelah pandemi, kita bisa mudik dengan aman dan tetap bahagia.

    BalasHapus
  8. Jadi ga sabar buat mudik dee

    BalasHapus
  9. gass mudikk kali yaak wkwk

    BalasHapus
  10. Semoga bisa ikut mudik jg taun depan

    BalasHapus