Sabtu, 08 April 2023

Published April 08, 2023 by with 15 comments

OTW Mudik! Ini dia 5 Tips Mudik Aman yang Wajib dicoba Menuju Kampung Halaman

 


Jakarta, 7 April 2023 - Sebagian besar masyarakat di Indonesia merayakan tradisi mudik setiap tahunnya. Balik ke kampung halaman untuk merayakan Idul Fitri bersama keluarga besar dan sahabat dikenal sebagai tradisi "MUDIK".

Ada beberapa cara untuk mudik menuju kampung halaman, yaitu dengan menggunakan alat transportasi pribadi yaitu mobil pribadi atau menggunakan sepeda motor pribadi. Kalian juga bisa menggunakan transportasi umum yang sudah disiapkan oleh pemerintah Indonesia, seperti angkot, kereta, kapal laut, dan pesawat.

Namun, agar mudik dapat berjalan dengan lancar dan semestinya, maka ada beberapa hal yang harus disiapkan apabila anda ingin mudik ke kampung halaman. Contohnya adalah mempersiapkan anggaran keuangan sejak awal, karena apabila kita ingin berpergian maka harus menyiapkan uang agar berjalan dengan lancar.

Anggaran sangatlah penting apabila ingin melakukan mudik menggunakan transportasi umum, karena untuk membeli tiket untuk perjalanan menuju kampung halaman. Selain itu, apabila anda ingin menggunakan kendaraan pribadi, maka harus menyiapkan dana untuk membeli makanan selama di perjalanan. Nah agar mudik menjadi lebih nyaman dan lancar, simak ulasan di bawah ini:

1. Perhatikan Kondisi Rumah dan Kendaraan dalam Keadaan Baik

Sebagian besar orang lupa untuk memastikan kondisi rumah yang akan ditinggal mudik. Terlebih lagi apabila meninggalkan rumah dengan waktu yang cukup lama. Hal yang harus diperhatikan yaitu kondisi listrik, karena banyak sekali kasus kebakaran rumah yang terjadi di saat momen mudik berjalan dan pemilik rumah lupa memperhatikan dan mematikan barang-barang elektronik. Kemudian pastikan kondisi rumah aman terkunci, karena untuk mengurangi tingkat risiko kemalingan.

Selain memastikan kondisi rumah yang sudah aman, apabila kalian menggunakan kendaraan pribadi untuk melakukan mudik maka harus di service terlebih dahulu untuk mengurangi risiko kecelakaan di dalam perjalanan. Kemudian pastikan surat-surat kendaraan lengkap dan aman untuk jalan.

2. Pastikan Kondisi Tubuh Sehat dan Tidur yang Cukup

Sebelum melakukan perjalanan mudik, pastikan kalian jaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan bugar dengan mengonsumsi sumplemen multivitamin dan makanan yang memiliki nutrisi tinggi. Karena dengan kondisi tubuh yang sehar dan bugar maka akan mengurangi risiko kecelakaan saat perjalanan. Selain itu tidur dengan cukup, hal ini bertujuan agar kita tidak merasa kantuk di dalam perjalanan dan memberikan kita konsentrasi agar selalu fokus saat diperjalanan mudik.

Hal ini dikarenakan banyak sekali kecelakaan lalu lintas saat tradisi mudik yang disebabkan oleh gejala microsleep atau tertidur sejenak. Terlebih lagi di saat arus mudik itu meningkat, maka akan membutuhkan waktu yang lama untuk menghadapi kemacetan yang terjadi di perjalanan.

3. Pilih Waktu Mudik yang Tepat

Tips mudik yang ketiga ini bisa diterapkan dari segi pemilihan jadwal pekerjaan dengan liburan, disarankan untuk melakukan mudik lebih awal agar menghindari kepadatan. Mudik lebih awal akan memberikan kita waktu yang lebih ringkas agar lebih cepat sampai tujuan dikarenakan tidak terkena macetnya lalu lintas.

4. Beli Tiket dari Jauh Hari

Apabila kalian mudik menggunakan transportasi umum, belilah tiket dari jauh hari agar menghindari kehabisan tiket disaat ingin mudik. Hal ini juga dapat membuat kita untuk menyiapkan semua persiapan lebih baik agar tidak ada yang terlupakan. Biasanya harga tiket sebelum menjelang waktu mudik harganya lebih murah dibanding saat mudik berlaku.

5. Siapkan Bekal Makanan dan Minuman yang Cukup

Dalam momen mudik, tidak jarang kondisi lalu lintas mengalami kepadatan sehingga membuat waktu perjalanan menjadi lebih lama. Ketika kita terjebak di dalam perjalanan saat arus mudik, maka sulit untuk mencari tempat makan ataupun minum di tol. Untuk mengantisipasinya, maka bawalah bekal secukupnya agar tidak kelaparan di jalan.

Nah itulah 5 tips ala Serba Serbi Hari Raya Lebaran. Pastikan kalian selalu patuhi aturan dan jangan lupa berdoa! Selamat Mudik, semoga aman sampai tujuan semua!!

BACA JUGA: MUDIK! Tradisi lama Menjelang Hari Raya Idul Fitri


      edit

15 komentar:

  1. noted, bakal berguna bgt buat mudik๐Ÿคฉ

    BalasHapus
  2. Berguna bangett niii buat mudik tahun inii๐Ÿ˜

    BalasHapus
  3. Ini dia tips yang dicari, jadi ga sabar mudik tahun ini!

    BalasHapus
  4. wah menarik banget.. makasih infonya ya!

    BalasHapus
  5. Thanks for the information, akhirnya bisa Mudik dengan tenang pas liat tips² inii ๐Ÿ˜Ž

    BalasHapus
  6. nice info, bagi yg mudik hati² di jalan & jgn lupa berdoa, semoga selamat sampai kampung halaman & kota asal ๐Ÿ˜€

    BalasHapus
  7. Artikelnya bagus, deh. Lumayan banget buat yang baru pertama kali mudik atau yang masih suka lupa-lupa persiapan mudiknya. Bener banget sih, penting banget memerhatikan kondisi rumah dan kendaraan sebelum berangkat. Apalagi soal kesehatan tubuh kita, jangan sampe deh sakit pas mudik, bisa-bisa jadi malah repot. Makanya, siapin segala sesuatunya dari jauh-jauh hari. Selamat mudik ya, semoga selamat sampai tujuan!

    BalasHapus
  8. Gass langsung mudik!!!

    BalasHapus
  9. temgkiuu kaaakk๐Ÿ™Œ๐Ÿป

    BalasHapus
  10. Bermanfaat banget sih artikelnya

    BalasHapus
  11. ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    BalasHapus